Search

Membangkitkan Rasa Nasionalisme pada Anak


Berkembangnya dan pengaruh budaya asing sudah sangat pesat pada saat ini. Apakah itu salah? Dengan kemajuan teknologi dan globalisasi tentunya kita tidak akan dapat membendung arus masuk budaya asing. Sudah sepantasnya kita juga bersikap dewasa dalam menghadapi masuknya arus budaya asing tersebut yaitu bukan dengan menolak budaya asing yang masuk tetapi dengan memperlengkapi anak-anak untuk memiliki rasa nasionalisme bagi bangsa dan negara.


Berikut merupakan tips untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dengan mengajarkan anak untuk mendengarkan, menghafalkan dan menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah. Anak juga diajak untuk mengunjungi situs-situs sejarah dan museum. Anak diikutsertakan dalam berbagai kegiatan daerah seperti belajar membatik, membuat keramik, dan belajar bermain gamelan. Anak-anak juga dapat diajak ke toko buku atau perpustakaan dan memilih buku-buku karya penulis lokal atau cerita daerah. Mengajak anak-anak untuk melihat pertunjukan menari tradisional atau ikut berlatih menari tradisional.


Sangat penting sebagai orang tua untuk terus mengajarkan anak-anak kita untuk bersikap hormat dan memperlakukan orang lain tanpa membeda-bedakan. Bangsa Indonesia didirikan dengan moto “Bhineka Tunggal Ika” atau yang arti-artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.


Ruth Maureen

Director of Sekolah Cita Persada

0 views
  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
Copyright © 2019 Sekolah Cita Persada. All rights reserved.
SEKOLAH CITA PERSADA
Jl. Cinere Raya No.3
Cinere, Depok
Jawa Barat
16514