top of page
Search

Anak dan Masa Depan


Di jaman yang semakin modern ini, orang tua diperhadapkan kepada berbagai tantangan baru dalam mendidik dan membesarkan anak. Berbagai pertanyaan kemudian timbul antara lain: “Apa yang harus kita ajarkan kepada anak?”, “Apakah yang penting?”, “Bagaimana mempersiapkan masa depan mereka?”, “Sekolah seperti apa yang harus dipilih?”, dan banyak pertanyaan lainnya.


Perlu diingat bahwa memang merupakan tugas orang tua untuk mempersiapkan masa depan anak-anak sejak dini dengan harapan agar suatu saat nanti mereka dapat hidup mandiri dan bertanggung jawab serta dapat bersaing di dalam persaingan global. Orang tua juga tentunya akan merasa bahagia jika anak-anak suatu saat dapat membina keluarganya sendiri dan membesarkan anak-anak mereka nantinya dengan nilai-nilai kebaikan yang ada.


Salah satu yang penting ditekankan adalah pembentukan karakter anak. Meskipun banyak sekolah yang juga menawarkan pembentukan karakter tetapi pembentukan yang sesungguhnya berawal dari rumah atau orang tua. Waktu yang dihabiskan anak di rumah bersama dengan orang tua kurang lebih sepertiga dari waktu mereka dalam satu hari.


Beberapa tips yang harus diingat oleh orang tua adalah menjadi orang tua yang menerapkan disiplin dan bersikap konsisten dengan rasa kasih sayang terhadap anak. Disiplin atau mengikuti aturan yang ada adalah sesuatu yang harus dimengerti dan dibiasakan. Ajak anak juga untuk terlibat aktif dalam menentukan aturan yang ada di dalam rumah. Bersikap disiplin berarti orang tua tidak tunduk terhadap anak tetapi memiliki otoritas terhadap mereka. Orang tua tidak selalu menuruti kemauan anak tetapi lebih memberikan pengertian bagi mereka saat apa yang mereka inginkan sungguh-sungguh mereka butuhkan.


Ruth Maureen

Director of Sekolah Cita Persada

54 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page